20 April 2020

Area Parkiran Jadi Klinik Atasi VirusCorona

San Carlos, California – 9 April 2020 seperti yang dilansir dari mercurynews.com. Layanan kesehatan berkendaraan di Klinik Parkiran yang menyediakan perawatan medis umum untuk pasien dengan gejala pernapasan.

Zaman wabah viruscorona, kehidupan terus berjalan dan begitu juga dengan penyakit dan cedera yang menimpa.

15 Sutter Health merubah fasilitas parkir dan garasi menjadi klinik untuk perawatan darurat. Dimana pasien yang menunjukkan gejala covid-19 seperti batuk dan demam tinggi dapat memperoleh bantuan dengan cepat. Dan fasilitas ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan perawatan medis lainnya seperti cedera luka jahit serta sakit perut. Langkah yang diambil yaitu dengan memisahkan pasien dengan gejala pernapasan dengan pasien yang lain untuk mengurangi penyebaran virus.

Langkah maju adalah Sutter Health merubah area parkir menjadi klinik di luar ruangan. Sehingga pasien dengan beresiko tinggi dengan imun tubuh yang lemah dapat aman di dalam mobil mereka. Kreatifitas seperti ini tidak hanya membatasi kontak dan potensi penularan namun memberikan kenyamanan, bagi yang takut berada di ruangan tunggu fasilitas medis.

Pandemi viruscorona memberikan tantangan yang luar biasa sehingga layanan tambahan ini diperlukan. Pasien yang membutuhkan perawatan tidak harus dilayani di ruangan gawat darurat. Seperti contoh pasien yang batuk dan demam biasa, cidera ringan tidak harus memasuki ruangan gawat darurat.

Masa kritis begini perlu dipisahkan agar layanan medis tetap maksimal melayani pasien. Jadi klinik diluar ruangan akan banyak berfungsi dan memberikan kenyamanan bagi pasien yang tidak kritis. Dan pasien juga bisa mengatur jarak diluar ruangan paling tidak sekitar 1-2 meter.

Ben Drew, juru bicara John Muir Health dari Walnut Creek, mengatakan ada beberapa kasus pasien yang seharusnya mengunjungi dokter lebih cepat daripada mereka.

"Kami tidak ingin pasien menunda perawatan yang diperlukan dan datang kepada kami ketika situasi yang bisa diatasi sebelumnya sekarang menjadi cedera atau penyakit yang jauh lebih rumit atau melemahkan," katanya.

Fasilitas Kesehatan John Muir sekarang memiliki area terpisah di gedung mereka yang memisahkan pasien pernapasan dan non-pernapasan yang membutuhkan “perawatan darurat”. Tanda dan staf mengarahkan pengunjung ke tujuan yang benar.

Di Natividad Medical Center di Salinas, pasien COVID-19 yang dicurigai disaring melalui telepon atau video, kemudian dirawat di tenda-tenda tekanan negatif. Pusat medis Kaiser Permanente juga menggunakan "tenda triage," yang terletak di pintu masuk departemen darurat. Klinik COVID-19 yang berbasis di Sutter Health San Francisco berada di dalam ruangan, tetapi terpisah.

Kunjungan ke dokter di klinik Sutter Health dimulai dengan kendaraan pasien di tempat parkir atau garasi.

Disadur dan translate semampunya dari https://www.mercurynews.com/2020/04/19/coronavirus-car-clinics-drive-through-care/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar