26 April 2014

All-New KIA Sportage Andalkan Mesin Baru Berjuluk Nu

DENGAN kegagahan tampilannya, sport utility vehicle (SUV) bisa diibaratkan sebagai `pengawal' bagi aktivitas kalangan berpunya. Nah, SUV andalan KIA, All-New Sportage, dirancang sebagai pengawal yang lebih bersimpati kepada sang pengendara dan lingkungan.

KIA mengklaim salah satu dasar utama pengembangan generasi kedua Sportage itu ialah efisiensi bahan bakar lebih mumpuni, kenyamanan dan fitur yang memanjakan, plus performa lebih untuk dikendarai di lalu lintas padat perkotaan.

“Perubahan mesin memakai generasi terbaru yang kita sebut `Nu' sehingga diperoleh efisiensi dan emisi gas buang sangat rendah, tetapi desain bergaya tetap dikembangkan,“ lanjut Di rektur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia (KMI) Hartanto Sukmono dalam acara peluncuran All-New Sportage, kemarin, di Jakarta.

GM Product Planning KMI Arifani Perbowo menjelaskan perubahan dilakukan di sisi interior, eksterior, juga dapur pacu di tiga varian All-New Sportage yakni LX, EX, dan Platinum.

LX, tipe paling ekonomis, kini diberkahi grille depan silver painted berdesain palang nan sporty. Adapun EX dan Platinum dianugerahi grille depan kromium dengan desain honey comb yang lebih elegan.

Perubahan bemper ada pada bentuk desain fog lamp dan penempatan yang lebih mendalam. Pelek 17 inci untuk varian LX dan 18 inci bagi dua tipe lain juga makin diperhatikan. “Kami menggunakan teknologi baru untuk pelek yang dibuat dengan adanya gradasi dan dibikin `bertangga'. Pelek pada umumnya kan lurus-lurus saja. Ini mengurangi noise dan getaran yang terjadi di setir juga lebih baik, selain tampilan seperti tiga dimensi,“ papar Arifani.

Ada pula penambahan antena shark-fin, spoiler belakang untuk EX dan Platinum dan lampu LED Day Time Running Light (DRL) yang diklaim menjadi fitur satu-satunya di kelasnya. Pada semua tipe juga disematkan rear combination lamp anyar.

“Pada varian Platinum terdapat fitur escort lamp. Saat pengemudi mematikan mobil, keluar kabin, dan memencet remote, lampu depan akan menyala dan mati sendiri selama 30 detik untuk menerangi jalan pemiliknya,“ sambung Arifani.

Interior dan mesin Interior All-New Sportage EX dan Platinum mengandalkan fitur-fitur mewah. Terdapat panoramic with real sunroof yang diklaim Arifani belum ada di antara kompetitor lain. Ketiga varian Sportage juga memiliki audio remote di lingkar kemudi, ditambahkan auto cruise control dan multi-information display untuk tipe teratas, Platinum.

Di tipe teratas itu tersemat pula jok kursi kulit, smart key immobilizer, dual zone conditioner control, sampai headrest monitor. Ada pula spion tengah electro-chromic yang mereduksi cahaya dari mobil belakang.

Terlepas dari itu, bintang utamanya tetap mesin Nu 2.0 D-CVVT dengan tenaga 158 PS di 6.500 rpm serta torsi 19.6 kg.m di 4.800 yang lebih responsif di putaran bawah serta tengah daripada mesin lawas yang disebut `Theta'. Ia dibantu teknologi symetrical drive shaft demi mengurangi getaran plus penyaluran tenaga lebih merata dari girboks menuju keempat ban.

Mobil berbanderol harga di kisaran Rp305 juta-Rp418 juta itu berfitur keamanan standar active headrest, air bags, ABS, EBD. “Di Platinum ditambahkan downhill brake control dan hill assist control,“ tukas Arifani. (Xan/S-2/ Sumber Media Indonesia, 24/04/2014, halaman 24)