08 November 2013

Sidang Rusli Zainal Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

Sidang perdana kasus korupsi Gubernur Riau HM.Rusli Zainal mulai digelar di Pengadilan Negeri Kelas I A Pekanbaru Riau Rabu (0611).Sidang perdana dengan dua perkara tindak korupsi yang dijatuhkan ke Gubernur Riau ini adalah korupsi kasus izin kehutanan dan korupsi kasus suap PON XVIII yang diadakan di Propinsi Riau 2012 lalu.

Pada sidang perdana kasus korupsi Rusli zainal ini diwarnai oleh dua aksi unjukrasa yakni pertama unjukrasa dari BEM Universitas Riau dan BEM UIN suska yang menuntut agar para hakim bersikap merdeka dari tekanan pihak manapun dan menjatuhkan hukuman yang setimpal kepada Gubernur Riau sebagai koruptor dan meminta kepada Mendagri untuk segera menonaktifkan Rusli zainal.

Sedangkan unjukrasa yang kedua digelar oleh forum melayu rembuk yang mendukung HM.Rusli Zainal agar tabah dalam menghadapi persidangan.Sidang perdana tindak pidana kasus korupsi gubernur riau ini dikawal ketat oleh ratusan anggota Polresta Pekanbaru.

Tampak dalam sidang yang diketua majelis hakim Pengadilan Tipikor Bachtiar Sitompul hadir istri Gubernur Riau Septina Primawati ditemani oleh beberapa angota keluarga .Sidang akan dilanjutkan minggu depan dengan pembacaan dakwaan.

Sementera itu : Kemendagri Siapkan Penjabat Sementara Gubernur Riau
Kementerian Dalam Negeri sudah memproses dan menyiapkan Penjabat Gubernur Riau satu minggu sebelum berakhirnya masa jabatan gubernur dan wakil gubernur Riau 21 Novemver 2013.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Kemendagri Restuardy . menurutnya Kemendagri akan menyiapkan pejabat sementara gubernur Riau sebelum gubernur dan wakil gubernur terpilih dilantik. Penjabat gubernur Riau ini biasanya berasal dari Kemendagri setingkat jabatan Eselon I di lingkungan Kemendagri.

Sebelumnya, Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan menyebutkan, Kementerian Dalam Negeri segera memproses pengangkatan pejabat gubernur Riau menggantikan posisi HM. Rusli Zainal yang masa tugasnya berakhir 21 November mendatang, sementara Gubernur Riau baru belum terpilih.

Dia juga menjelaskan, untuk posisi pejabat gubernur sampai terpilihnya gubernur definitif, pemerintah akan menetapkan seorang pejabat dari Kemendagri eselon I.(zamrudtv.com)