27 Desember 2014

All-New Mazda2 Menginjak Aspal Sentul

Setelah diluncurkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, All-New Mazda2 menginjak aspal Sentul untuk diuji oleh para pewarta, Rabu (10/12). Tiga trek dibuat untuk membuktikan ketangguhan dan kedinamisan teknologi Skyactiv, desain `Kodo-Soul of Motion', serta fitur keamanan i-Activsense.

TIGA jalur tersebut adalah Thrill Track yang mewakili kondisi berkendara di kecepatan tinggi, Citydrive Ground yang mewakili kondisi berkendara di dalam kota, dan Unexpected Ride yang akan memperlihatkan ke seluruh peserta akan kemampuan All-New Mazda2 di kondisi ekstrem sekalipun. Sebelumnya, jurnalisjurnalis otomotif dibawa masuk ke Driveducation Room untuk mendapatkan penjelasan seputar teknologi dan fitur city car Mazda generasi keenam ini.

“Kami percaya walaupun berukuran kompak, All-New Mazda2 memiliki potensi yang sangat besar dan harus dibuktikan secara langsung,“ tegas Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia Keizo Okue dalam ajang uji kendara bernama `All-New Mazda2: Beyond Excitement' itu.

“Rangkaian Skyactiv Technology yang tertanam di All New Mazda2 telah membuat mobil dengan ukuran yang cukup kompak ini memiliki segudang keunggulan. Fitur keselamatan aktif i-Activsense juga berhasil memberikan perasaan aman saat berkendara. Belum lagi KODO ¬ Soul of motion yang membuat tampilan All New Mazda2 sangat atraktif dan memiliki emosi tersendiri,“ tambah Product Planning Expert MMI Bonar Pakpahan.

All-New Mazda2 mengadopsi rangkaian teknologi Skyactiv, perpaduan Skyactiv-chassis dan Skyactiv-body yang memberikan perubahan keseluruhan pada rigiditas kendaraan, sistem kemudi, keamanan, kestabilan saat kecepatan tinggi dan kenyamanan berkendara khususnya di perjalanan jauh. Mesin Skyactiv-G 1.5L berteknologi injeksi langsung serta rasio kompresi 13.0:1 amat responsif, berbobot ringan, dan memiliki resistensi mekanis yang rendah.

Mesinnya dikombinasikan dengan transmisi Skyactiv-MT atau Skyactiv-Drive.
Desain KODO ¬ Soul of Motion pada AllNew Mazda2 memberikan nilai hambatan udara yang lebih kecil serta tingkat kebisingan yang rendah pada kabin. Garis desain tegasnya terinspirasi dari gerakan pouncing motion seekor cheetah.

i-ACTIVSENSE pada All-New Mazda2 terdiri dari Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS) dan Hill Launch Assist (HLA). Pada varian GT, All New Mazda2 telah dilengkapi dengan Blind Spot Monitoring (BSM) dengan 24 GHz milliwave radar sensors plus Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

All-New Mazda2 GT juga telah dilengkapi dengan fitur canggih Smart City Brake Support (SCBS) dengan near-infrared laser sensor di kaca depan yang akan bekerja secara otomatis di rentang kecepatan 4-30 kpj.
Seluruh varian All-New Mazda2 juga sudah mengadopsi fitur i-STOP (idling stop system). Mesin akan kembali hidup secara otomatis dalam 0,35 detik setelah pedal rem dilepas atau gas mulai dipijak.

Berlimpah fitur di Mazda2 yang melebihi kompetitor dikelasnya, membuat Mazda2 menjadi hatchback premium dan menekankan Mazda sebagai brand otomotif premium dari Jepang. (Xan) Media Indonesia, 20/12/2014 halaman 7