26 Oktober 2014

Kabupaten Kepulauan Meranti Jika Ditunjuk, Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Ke-IX 2017

Selat Panjang, Zamrudtv - Pertandingan Porprov ke-VIII Riau sebentar lagi akan brakhir, banyak bupati masing-masing daerah kabupaten menginginkan Porprov diadakan di daerahnya salah satunya Meranti. Kabupaten Kepulauan Meranti siap jika ditunjuk menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke –IX Riau Tahun 2017.

Demikian disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan Nasir, Senin (20/10/2014) kemarin. Menurutnya, dengan menjadi tuan rumah pada penyelanggaraan Pekan Olahraga Provinsi itu akan berpengaruh besar terhadap percepatan pembangunan daerah .

“Insya Allah kita siap jika ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan Porprov pada tahun 2017 nanti. Sehingga, dapat menjadi pemicu kemajuan daerah nantinya,” ungkap Irwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Drs Ishak Izrai yang juga sudah mendapatkan jawaban bupati mengatakan bahwa sudah saatnya Kepulauan Meranti menunjukkan kesiapannya menjadi tuan rumah Porprov Riau.

“Bupati berpesan kepada kami agar segera melakukan persiapan matang membuat perencanaan yang baik dan melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Sehingga, nantinya Kepulauan Meranti bisa melaksanakan Porprov dengan baik,” kata Ishak.

Menurutnya jika nantinya Kepulauan Meranti terpilih untuk melaksanakan Porprov ke IX, maka pihaknya bersama pihak terkait lainnya akan melakukan persiapan utama, yakni pembangunan berbagai fasilitas olahraga yang akan dibutuhkan nantinya, seperti pembangunan stadion, gedung gulat dan pembangunan fasilitas sejumlah cabang olahraga lainnya.

Kepala Dinas PU, Ir H Ardhahni MT mengaku akan membantu semaksimal mungkin menyiapkan dan membangun berbagai fasilitas olahraga untuk mempersiapkan diri Kepulauan Meranti sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ke IX. Nantinya perencanaan untuk pembangunan berbagai fasilitas olahraga yang dibutuhkan itu akan dilakukan terlebih dahulu.

“Kita siap membantu untuk membangun berbagai fasilitas olahraga tersebut sebagai upaya menyiapkan diri menjadi tuan rumah Porprov selanjutnya,” katanya.

Dikatakannya bahwa pembangunan sarana olahraga untuk mempersiapkan Porprov juga sangat penting dilakukan dalam menyiapkan fasilitas bagi masyarakat. Sebab, semakin banyak pembangunan fasilitas olahraga akan menjadi pemicu kegiatan positif bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

Ketua KONI Kepulauan Meranti, H Jaapar SP melalui Sekretarisnya Ricky Heriyansyah, saat dikontak Senin (20/10), mengakui bahwa dalam rapat yang diikutinya bersama KONI Provinsi ada 4 kabupaten yang menjadi kandidat tuan rumah Porprov ke IX di tahun 2017 nanti. Namun, dari keempat kabupaten itu, Kepulauan Meranti lebih banyak mendapatkan dukungan untuk menjadi tuan rumah.

“Kita lebih siap dari daerah lainnya. Walaupun venue masih terbatas, namun pembangunannya masih bisa dikejar, ” katanya.

Apalagi semua pihak sudah menyatakan kesiapannya, terutama Pemkab Meranti yang akan menyiapkan pembangunan venue. Sebagai pihak yang akan melaksanakannya KONI Kepulauan Meranti sendiri sangat siap sekali untuk melaksanakannya.

“Sejak Meranti menjadi kabupaten, sudah dua kali Porprov yang kita ikuti. Artinya, kita sudah mengetahui bagaimana mekanisme pelaksanaan Porprov ini, sehingga kelamahan-kelamahan dari daerah yang melaksanakan lebih dulu bisa diantisipasi saat menjadi tuan rumah,” sebutnya.

Ricky membeberkan tim dari KONI Provinsi nantinya akan melakukan survei terlebih dahulu ke sejumlah daerah Kandidat tuan rumah Porprov ke IX sebelum menetapkannya.(rtc/zamrudtv)